Beranda » Cerpen » Busung, Piluk-Piluk, dan Sattou

Busung, Piluk-Piluk, dan Sattou

Orang-orang zaman dahulu memiliki ciri khas tersendiri, misalnya memiliki ilmu kebal dan lain sebagainya. Berikut beberapa hal yang khas, unik, tapi menakutkan yang pernah saya dengar dari beberapa orang salah satu kampung di Simalungun.
1. Busung
Penyakit busung ini merupakan sakit perut. Dengan ciri-ciri perut membuncit. Busung di sini berbeda dengan busung lapar. Kata orang tua dulu, penyakit ini disebabkan oleh karena memakan hasil curian. Misalnya, seseorang mencuri buah pisang tetangganya. Ternyata tetangga tersebut tidak rela miliknya diambil oleh orang lain. Nah, karena ketidak relaannya itulah ia ‘mengirimkan’ penyakit ini.
2. Piluk-Piluk
Penyakit ini ialah penyakit mata. Biasanya penderita kehilangan penglihatan. Sebagian yang lain berpendapat kalau orang yang terkena penyakit ini akan kehilangan bola matanya. Waduhh… Mengerikan, ya? Tapi penyakit ini dikarenakan alasan yang masuk akal juga, yaitu mencuri. Kalau penyakit busung dikarenakan mencuri makanan, penyakit piluk-piluk disini dikarenakan mencuri barang-barang berharga tertentu, seperti uang, emas dan perhiasan. Si Pemilik yang kehilangan harta benda tidak terima atas kehilangan harta benda miliknya. Oleh karena itu, ia ‘mengirim’ penyakit ini kepada si pencuri.
3. Sattou
Sattou sebenarnya bukan penyakit, melainkan racun. Orang-orang tua dulu mengatakan bahwa sattou itu sendiri terbuat dari serbuk pohon bambu, daun toyot, dan sejenis tumbuhan lain yang membuat gatal. Semua tumbuhan berbahaya itu dicampurkan jadi satu. Orang yang terkena sattou sebagian besar tidak dapat ditolong. Ciri-cirinya biasanya memuntahkan darah. Wuih, ngeri banget, kan?
Nah, saya kira cukup hanya ini dulu. Tapi saya sendiri Alhamdulillah belum pernah melihat penyakit-penyakit tersebut. Mungkin karena perkembangan zaman, ketiga hal di atas semakin hilang, pudar, dan ditinggalkan. Intinya berlaku baiklah kepada semua orang. Misalnya, jangan mencuri kalau tak ingin terkena busung atau pun sattou.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s