Beranda » Buku » Indah Pada Waktunya

Indah Pada Waktunya

Cerita tentang perjodohan yang dilakukan oleh kedua orang tua untuk anak perempuannya bukanlah sesuatu yang baru. Seperti roman Siti Nurbaya karya Marah Rusli di angkatan Balai Pustaka yang masih dikenang oleh pecinta prosa di Indonesia sampai sekarang ini. Cerita pada pembukaan Novel Love Ago kurang lebih sama. Seorang gadis bernama Thata sering dijodohkan oleh kedua orangtuanya. Mulai dari Tino, Angga, sampai Ben. Adakah perjodohan dirinya dengan orang lain untuk kesekian kali? (halaman 14).
Untung ada neneknya yang selalu mengerti akan perasaannya. Sikap nenek tidak seperti sikap kedua orang tuanya yang selalu berusaha mengaturnya. Sejak kecil, Thata bagaikan boneka bagi kedua orang tuanya. Tak pernah sekalipun diberi kebebasan untuk memilih… (halaman 9).
Dengan adanya perjodohan, Thata jadi tak merasa bebas. Apalagi dengan kehadiran Ranto, teman lama yang kembali bertemu dengannya. Thata bekerja di kantor Ranto. Ben yang sudah dijodohkan dengan Thata merasa terusik dengan kehadiran Ranto di sisi Thata.
Sifat Ben yang arogan dan pemarah berbanding terbalik dengan sifat Ranto yang penuh perhatian kepada Thata. Thata sungguh lebih menyukai sikap Ranto daripada sifat Ben yang buruk.
Sebenarnya, cinta pertama Thata ada pada seorang teman lamanya, Febri. Febri, anak laki-laki yang punya kelainan secara fisiknya yang menjadikannya terlihat lemah. Sejak umur delapan belas tahun, Febri menderita penyakit ricket, yang akan berpengaruh seumur hidup dengan sebutan penyakit osteomalacia. (halaman 22). Walaupun memiliki kelainan fisik, Thata tetap menyukai usaha dan kerja keras Febri. Sungguh, Thata selalu mengingat temannya yang satu itu. Sudah banyak kenangan yang mereka lalui bersama-sama. Hingga Thata mendapat kabar bahwa Febri telah tiada.
Ben semakin tidak suka saat Thata sering bersama Ranto. Kedekatan mereka membuat Ben geram. Ben berusaha menyingkirkan Ranto dari sisi Thata. Kisah hidup Ranto berakhir dengan kecelakaan yang disebabkan oleh Ben.
Sikap arogan Ben yang buruk akhirnya diketahui oleh kedua orang tua Thata dari mulut Ben sendiri. Kemudian Thata bertemu dengan Andry. Andry punya kelainan fisik yang sama persisi dengan kelainan Febri. Sosok Andry ternyata sangat menarik di mata Thata.
Novel ini mencoba menceritakan kasih sayang dan cinta yang tak memandang fisik dan kesempurnaan seseorang. Tokoh Thata menyukai Febri dan Andry, yang sama-sama memiliki kelainan fisik.
Kekurangan novel ini terletak pada tidak konsistensi penulis pada penggunaan huruf kapital pada tokoh-tokoh di dalam cerita, seperti penggunaan kata Mimi dan Mama. Namun kekurangan tersebut mampu tertutupi dengan cerita yang selalu mengundang penasaran.

Judul : Love Ago
Penulis : Mitha Juniar
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : 2014
Tebal : x+188 hal
ISBN : 978-602-251-434-3

1959383_608043899274634_1052985437_n

2 thoughts on “Indah Pada Waktunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s