Beranda » Artikel » Juara Resensi Kumpulan Cerpen CeKers Journey

Juara Resensi Kumpulan Cerpen CeKers Journey

 

Cinta dalam Perspektif Antologi Culun Love Story

oleh Ramajani Sinaga

Rasa cinta adalah sesuatu yang universal, setiap orang tentu tidak terlepas dari perasaan itu. Demikian halnya dengan tokoh-tokoh yang sengaja dicipta di dalam antologi kasih sayang ini. Ada dua belas cerita lahir dari ide serta imajinasi masing-masing penulis dengan latar yang berbeda-beda pula. Cerpen Es Teler I’m in Love karya Prima Sagita memiliki kekuatan lokal yang begitu kental. Di sana tertulis: Jarang sekali ada anak muda yang menjunjung tinggi seniman daerahnya (halaman 66). Sejalan apa yang disampaikan di dalam cerpen tersebut, dewasa ini, anak muda pada kenyataannya masih kurang menjunjung tinggi budaya dan keseniannya sendiri. Sehingga pesan di dalam cerita ini tersampaikan dengan apik.

Kemudian, cerpen Jerawat Buat Galuh, tampil dengan gaya ringan dan kocak. Selain itu, kekuatan cerpen karya Winaryati ini mampu membikin pembaca masuk ke dalam cerita. Lalu, cerita ulat kecil yang menjelma menjadi kupu-kupu cantik di dalam cerpen Aku, Kamu, dan Rencana Semesta karya Nikopotia. Sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini, adalah bagian dari rencana semesesta.

Berikutnya cerpen Culun Love Story yang menjadi judul andalan buku ini. Dalam perjalanan cerita, tokoh bergerak dan bersinggungan dengan baik . Tidak kalah menarik dari cerpen yang lain, Devi Srimulyani juga berhasil meramu cerpen Your Shadow menjadi sajian cerita yang menarik. Hanya saja, ada titik kelemahan pada cerita ini. Tokoh ‘aku’ yang diam-diam selalu memperhatikan tokoh Fabio. Di sana tertulis: Aku memperhatikan wajah salah seorang dari dua laki-laki. (halaman 19), “gue cuma suka merhatiin dia, itu karena gue tertarik sama dia.” (halaman 21). Akan tetapi, pada kenyataannya di akhir cerita tokoh ‘aku’ tidak melakukan kebiasaannya itu, yaitu ‘memperhatikan’ tokoh Fabio saat di acara konser. Aku heran, sejak kapan cowok satu ini berada di luar. (halaman 25). Itu berarti, selama waktu acara konser berlangsung, tokoh ‘aku’ tidak melakukan hal yang biasa ia lakukan, berbanding terbalik dengan apa yang tokoh lakukan saat berada di kampus. Kelogisan jalan cerita pada bagian itu menjadi terganggu.

Kisah yang lain tidak kalah menarik. Ada cerpen Pesan Rahasia karya Intan Safitri Sejati yang sukses dengan kejutan yang menghentak, Melesat (Nggak) meleset karya Sri Rahayu Yuliani,  Cukup dalam Diam karya Akhwatul Chomisiyah Firdausa, Katakan Selamat Tinggal karya Fitri Fatimah, Biola, Tentang Impian Luth karya Dia Gaara Ansromeda, Aku di Sini, di Sisimu karya Shusi Essilent, dan Pelajaran Langit Malam karya Hardi Rahman. Kumpulan cerita ini harus diakui memiliki kekuatan yang kaya akan sarat makna.

Demikian halnya Cuplikan Fiktif Terpesona. Di sana tertulis: Bunda, ayah, dan Abah baru tersadar beberapa CaKers tengah memandang mereka dengan raut wajah masing-masing yang berbeda mimik. (halaman 138). Pada bagian ini, saya jelas-jelas terkikik saat membacanya, membayangkan Bunda, Ayah, dan Abah yang berceloteh panjang.

Pada akhirnya, buku ini menjadi sajian wajib untuk dinikmati. Mengutip tulisan Bunda Erin pada bagian awal buku ini: Kami persembahkan buku ini sebagai keberadaan cinta. Betapa cinta punya perspektifnya sendiri. Baiklah, CK Writing sangat mempuni melahirkan bakat-bakat penulis muda yang andal, yaitu pegiat-pegiat di kalangan muda-mudi dan menghasikan cerita-cerita cinta yang begitu mengalir. Bravo CK Writing!

Judul buku    : Culun Love Story

Penulis             : Rudi Hidayat, dkk.

Penerbit         : Alex Media Komputindo

 

Snapshot_20140301

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s