Beranda » Buku » Sinopsis Novel Seulusoh

Sinopsis Novel Seulusoh

SEULUSOH1

Seorang anak yang bernama Meulu menjalani kehidupan yang sederhana bersama bapak, ibu, dan neneknya di Lampulo. Bapaknya yang berprofesi sebagai pelaut tidak pernah pulang semenjak kematian Toke Ma’e, tetangga sekitar rumahnya. Kematian Toke Ma’e berhubungan erat dengan elang-elang di siang hari yang membubung di atap rumah Toke Ma’e. Meulu mempunyai kemampuan membaca sebuah mantra. Dengan mantra itu, ia dapat mengusir elang-elang di atap rumah orang serta mampu melancarkan proses persalinan seorang ibu yang hendak melahirkan. Mantra itu diwariskan oleh Nek Pi’ah teman neneknya. Mantra itu dinamakan seulusoh. Beranjak remaja menuju dewasa, Meulu melanjutkan pendidikannya di bidang Akademi Kebidanan karena tertarik terhadap profesi bidan seperti Nek Pi’ah dahulu.

Ketika tsunami, Meulu bersama ibunya dan penduduk kampung yang tergulung dalam gelombang raya. Mereka mudah disapu ombak yang naik ke daratan dengan kecepatan tinggi karena rumah mereka di Lampulo tidak jauh dari pinggir pantai. Lalu dia terlempar ke atas dan menemukan seorang perempuan yang hampir melahirkan di atas spring bad yang kencang dibawa oleh arus air. Meulu terketuk pintu hatinya untuk membantu perempuan itu, dan satu-satunya jalan yang ditempuh adalah menggunakan mantra seulusoh, dengan merejahnya sebotol aqua yang melintas tiba-tiba.

Saat mencari alat untuk memotong tali pusat bayi itu, gelombang dahsyat kembali terjadi. Akhirnya Meulu terdampar di sebuah tempat yang tak jelas letaknya. Seorang ibu menghampirinya lalu menawarkan sebotol air dan sepotong kue untuknya. Tak lama kemudian mereka sama-sama tertidur. Ketika Meulu bangun, dia melihat ibu itu sudah meninggal dunia. Lalu Meulu kembali pingsan. Saat terbangun kembali, ia sudah berada di tempat tidur rumah Bang Hanafi yang ada hubungan keluarga dengan Meulu, walaupun hubungan persaudaraan yang jauh.      

 

8 thoughts on “Sinopsis Novel Seulusoh

  1. 😀 Sebuah ingatan terhadap novel tersebut. Dan sebuah ingatan ketika aku harus mencarinya untuk tugas kuliah sastra. Terimakasih atas ingatannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s